Tips Terhindar Dari Phising -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

Tips Terhindar Dari Phising

Selasa, 04 Juni 2024


INFOPBGCOM, PURBALINGGA - Badan Keamanan Amerika Serikat (National Security Agency/NSA) yang termasuk lembaga intelijen membagikan tips untuk menjaga keamanan, terutama untuk ponsel baik itu Android maupun iOS.

Seperti diketahui, kejahatan siber semakin beragam modusnya, hal tersebut membuat NSA membagikan tips untuk pengguna ponsel yang takut data-data di ponselnya itu dicuri, ataupun data aplikasi perbankannya diretas, bahkan terkena ransomware.

1. Pin 6 Digit Sebagai Password

Salah satu saran dari mereka adalah menggunakan PIN enam digit sebagai password, namun dengan catatan, pengguna menyalakan opsi menghapus data ponsel setelah 10 kali kesalahan memasukkan PIN.




2
. Matikan Bluetooth

Tips beikutnya adalah mematikan Bluetooth saat tidak digunakan, selain itu kurangi atau bahkan jangan menggunakan jaringan WiFi publik, termasuk mematikan opsi WiFi saat sedang tak digunakan. Jaringan WiFi tak terpakai yang disimpan di ponsel juga menurut NSA harus dihapus.




3. Orang Tidak Dikenal Jangan Sampai Memakai HPmu

Pengguna juga disarankan untuk menjaga kontrol fisik terhadap ponselnya setiap saat, alias jangan membiarkan ponselnya dipakai oleh orang tak dikenal.

4. Download Aplikasi yang Resmi

Selanjutnya soal penggunaan aplikasi, pengguna disarankan untuk menginstal aplikasi seperlunya saja, yaitu aplikasi yang benar-benar dipakai setiap saat dan lebih baik hanya mengunduh aplikasi dari sumber resmi. Sumber resmi yang dimaksud seperti App Store untuk iOS dan Play Store untuk Android. Mereka pun menyarankan untuk menutup aplikasi yang sudah tidak dipakai.


5. Jangan Asal Klik Link

Saat ada pembaruan firmware untuk ponsel atau aplikasi, segera instal pembaruan tersebut. Lalu jangan menggunakan perangkat untuk mengirimkan informasi sensitif dan jangan pernah membuka link baik dari email atau apapun tak dikenal dan berkesan mencurigakan.




6. Hati-hati Saat Mengisi Daya di Tempat Umum

Jangan sembarangan mengisi daya ponsel, tepatnya jangan mengisi daya ponsel di tempat-tempat pengisian daya di publik. Pesan pop up kemungkinan menyimpan bahaya, jika sampai muncul, langsung force close semua aplikasi yang sedang terbuka.




7. Root Sangat Tidak Disaeankan

Oh ya, melakukan jailbreak (untuk iPhone) dan root (untuk Android) sangat tidak disarankan oleh NSA. Location Services semestinya dimatikan jika sedang tak digunakan, selain itu ponsel mesti rutin di-restart, setidaknya seminggu sekali.