Jawa Tengah Tempati Posisi Kedua Sebagai Wilayah Terbesar Produksi Semangka di Indonesia -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

Jawa Tengah Tempati Posisi Kedua Sebagai Wilayah Terbesar Produksi Semangka di Indonesia

Selasa, 07 November 2023



INFOPBGCOM, PURBALINGGA - Belakangan ini, Buah Semangka selalu muncul di media sosial, hal tersebut karena Buah Semangka dijadikan sebagai Simbol Dukungan terhadap Palestina. Ngomongin semangka, di Indonesia sendiri Buah Semangka sering dijumpai dan tumbuh hampir di seluruh wilayah di Indonesia.

Seperti diketahui, buah ini memiliki berbagai kandungan vitamin mulai dari vitamin A, Vitamin B6, Vitamin C, asam folat, hingga mineral. Disamping itu, Buah ini juga mengandung senyawa fitokimia, seperti likopen hingga citrulline. Kandungan tersebut fungsinya sebagai antioksidan serta meningkatkan kesehatan tubuh.

Dimana saja si wilayah terbesar yang memproduksi buah Semangka di Indonesia?

Jawa Timur


Wilayah di jawa timur pada tahun 2022, mampu memproduksi buah Semangka sebanyak 97.357 ton. Hal tersebut menjadikan wilayah ini menjadi provinsi yang memiliki wilayah produksi terbesar di Indonesia.

Jawa Tengah


Diposisi kedua yakni Jawa Tengah, sebanyak 59.837 ton semangka diproduksi selama tahun 2022.

Sumatra Utara


Sumatera Utara menempati posisi ketiga untuk produksi Semangka selama tahun 2022. Provinsi ini mampu menghasilkan 29.418 ton semangka.

Bali


Diposisi berikutnya, yakni Bali yang mampu memproduksi Semangka sebanyak 24.562 ton selama tahun 2022.

Lampung


Dipulau Sumatera, Lampung tidak mau ketinggalan sebagai provinsi terbesar dalam produksi Semangka. Sebanyak 19.442 ton semangka diproduksi selama tahun 2022.

Riau


Selanjutnya Riau, Provinsi yang juga berada Sumatera ini mampu memproduksi Semangka sebanyak 17.539 ton selama tahun 2022.

Sumatera Selatan


Wilayah selanjutnya yakni Sumatera Selatan, wilayah ini selam tahun 2022 mampu memproduksi semangka sebanyak 16.947 ton.


Nah itulah wilayah-wilayah terbesar di Indonesia yang memproduksi Semangka.