Pemkab Ajukan Rute Penerbangan Purbalingga Semarang -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

Pemkab Ajukan Rute Penerbangan Purbalingga Semarang

Sabtu, 12 Maret 2022



INFOPBGCOM, PURBALINGGA - Pemkab Purbalingga telah mengajukan rute penerbangan baru kepada Citilink. Hasilnya, pihak Citilink masih masih mempertimbangkan ajuan tersebut.

Diketahui rute penerbangan baru yang diajukan yakni menuju Semarang dan sebaliknya. Perubahan atau penambahan rute tentu saja akan mengubah pola sistem perusahaan sendiri, mulai dari adanya pemeliharaan hingga pengaturan SDM.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purbalingga Raditya Widayaka menyampaikan ada potensi yang bisa digali dari rute perjalanan penerbangan baru di Bandara Jenderal Besar Soedirma sehingga penerbangan akan efektif kembali. Potensi perjalanan dinas ASN di lingkungan Pemkab Purbalingga menjadi salah satunya.

Sekitar 7.141 orang ASN Kabupaten Purbalingga melakukan perjalanan dinasnya ke Semarang, dengan rincian akumulasi 1.947 kali perjalanan dihitung dari sebelum pandemi Covid-19.

"Itu data tahun 2019 sebelum Pandemi, karena di masa pandemi khususnya tahun 2020 dan 2021 perjalanan dinas ke luar kota dibatasi. Jika itu disetujui, maka akan menjadi stimulasi perjalanan dengan menggunakan pesawat," ungkap Raditya.

Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan dengan perjalanan dinas menuju Jakarta yang jumlahnya 2.472 orang dengan akumulasi 701 kali perjalanan. Namun, jika rute Semarang dibuka maka pihak Citilink akan menutup tingkat okupansi yang kurang optimal menuju Surabaya.