Sidareja Digagas Menjadi Desa Tematik Seni dan Budaya di Purbalingga -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

Sidareja Digagas Menjadi Desa Tematik Seni dan Budaya di Purbalingga

Sabtu, 15 Januari 2022


INFOPBGCOM, PURBALINGGA - Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi menyebutkan Desa Sidareja Kecamatan Kaligondang memiliki potensi seni budaya yang luar biasa. Pemkab Purbalingga akan menggagas desa tematik dan nantinya Desa Sidareja bisa menjadi Desa Tematik Seni dan Budaya atau Desa Kartun.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Tiwi saat membuka Bazaar Art yang diprakarsai pegiat seni dan budaya Kie art Cartoon School Desa Sidareja, di Klenteng Hok Tek Bio Purbalingga pada Jumat malam (14/1).

Dengan adanya kegiatan Bazaar Art, diharapkan bisa menjadi motivasi bagi pegiat seni budaya yang lain untuk tetap berbuat, berkarya dan berprestasi meski di tengah terpaan pandemi covid-19. Bupati mengapresiasi para pegiat seni yang tidak padam dan mau melestarikan budaya lokal Purbalingga.

“Terima kasih sudah mau menguri-uri budaya lokal,” ungkap tiwi. Harapannya, generasi muda kita semakin mencintai seni budaya lokal yang ada di Purbalingga.

Kie Art Cartoon School, Slamet Santosa mengungkapkan Kegiatan digelar di komplek Klenteng Hok Tek Bio Purbalingga mulai Jumat hingga Minggu (14-16/1). Event ini dilaksanakan bersamaan dengan Bulan Perdamaian Dunia yang juga jatuh di bulan Januari, di sini hasil karya seni dan pertunjukan dari para pemuda Seni Kie Art Cartoon School dari Desa Kartun Sidareja ditampilkan.

Kesenian lain yang ditampilkan antara lain Ebeg Sidareja, Seni Karawitan , Tari Ujungan 111 th history desa ataupun dalang Jemblung Kusno Umah Wayang.

Selain itu, karya seni handmade seperti lukisan, sepatu Lukis, tas Lukis, lampu Lukis, kriya bamboo dan blangkon Soedirman juga dipamerkan.