Sanggar Rias Kartika Laras Desa Tlahab Kidul Juarai Festival Seni -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

Sanggar Rias Kartika Laras Desa Tlahab Kidul Juarai Festival Seni

Minggu, 02 Januari 2022



INFOPBGCOM, PURBALINGGA - Sanggar Kartika Laras Desa Tlahab Kidul berhasil keluar sebagai juara dalam festival seni yang diadakan Sanggar Dresanala Purbalingga. Pementasan yang digelar pada Kamis (30/12) lalu di GOR Mahesa Jenar Purbalingga melibatkan beberapa kelompok seni peran di Purbalingga.

Sanggar Kartika Laras besutan Ragil Tri Atmojo mementaskan lakon “Mimiti”, dengan memainkan musik tradisional (karawitan) dipadukan dengan seni peran tradisional.
Persiapan untuk mementaskan tergolong singkat, yaitu hanya dua hari karena pemberitahuan mengikuti pementasan sangat mendadak, ungkap ragil.

Pementasan tersebut ada 4 orang pemeran, mereka diantaranya yakni Akbar Tri Haryadi berperan sebagai  Sabit, Tegar Pamungkas sebagai sabut, Punag Ropika Ikhtiarwan sebagai Sabulata serta Sarno sebagai Kaki Kabul. 

Sedang pengiring terdiri dari Teguh Tri Harmoko pada saron, Dimin pada bonang, Nurkholik pada gong sedangkan penggendang Ragil Tri Atmojo.

Punang Ropika yang juga tokoh pemuda Tlahab Kidul mengungkapkan semangat melestarikan budaya sudah ada dan terbangun cukup matang. Nguri-uri budaya sudah menjadi tanggung jawab bersama, pastinya agar budaya tetap dikenal oleh generasi penerus.