Tips Mengahadapi Debt Collector di Jalan -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

Tips Mengahadapi Debt Collector di Jalan

Selasa, 11 Mei 2021

INFOPBG.COM, NASIONAL - Beberapa hari lalu mencuat kembali aksi Debt Collestor yang melakukan aksi penarikan di jalan, salah satunya adalah mobil yang tengah disopiri oleh salah satu prajurit TNI AD.

Tips Mengahadapi Debt Collector di Jalan



Diketahui anggota TNI tersebut tengah membantu warga yang sedang sakit untuk dibawa ker rumah sakit, serta anggota TNI tersebut tidak tahu menahu persoalan mobil yang ia kemudikan. Cara beraksi para debt collector dirasa membuat resah, berikut ada beberapa tips menghadapi debt collector: 

1, Tanyakan identitas.
Masyarakat berhak menanyakan identitas para debt collector tersebut, meskipun masyarakat terbukti menunggak pembayaran kredit. Namun harus dilakukan dengan cara yang baik serta sopan.

2, Tanyakan Kartu Sertifikasi.
Jangan lupa kalian juga harus menanyakan kartu sertifikasi profesi debt collector, karena pihak debt collector ini akan mengambil barang atau kendaraan sehingga dibutuhkan sertifikasi dari APPI.

3, Surat Kuasa.
Selanjutnya kalian harus mengetahui Surat Kuasa, karena ini menjadi bukti bahwa kendaraan atau barang yang pembayarannya menunggak bisa diambil. Surat kuasa tersebut harus berasal dari perusahaan pembiayaan, sehingga para debt collector tida bisa seenaknya langsung menyita dan sebagainya.

4, Harus ada Sertifikat Jaminan Fidusia.
Langkah terakhir yakni tanyakan sertifikat jaminan Fidusia, sertifikat jaminan ini bisa berupa yang asli atau salinan. Jika tidak ada, masyarakat berhak menolak penarikan atau penyitaan barang yang akan dilakukan debt collector.

Nah itu ges beberapa tipsnya, jika perlu masyarakat tidak usah segan untuk meminta bantuan aparat penegak hukum ya jika keempat poin diatas tidak dapat dipenuhi para debt collector.