Seorang Pendaki Gunung Slamet Tiba tiba Meninggal Saat Mendaki -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

Seorang Pendaki Gunung Slamet Tiba tiba Meninggal Saat Mendaki

Selasa, 25 Mei 2021



INFOPBG.COM, PURBALINGGA – Seorang pendaki berinisial SM (47) warga Dusun Bojong, Desa Giyanti RT 1 RW 1, Kecamatan Candi Mulyo, Kabupaten Magelang, harus dievakuasi oleh Tim SAR gabungan dari SAR Gunung Slamet, Samarantu Rescue dan Purbalingga Reaksi Cepat (PRC) dalam kondisi telah meninggal dunia. Korban meninggal dunia ketika melakukan pendakian dari Pos 5 menuju Pos 6 pendakian Gunung Slamet via Bambangan Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga.

Menurut keterangan yang  didapat dari Surip (34) alias Pulung yang merupakan anggota SAR dari Purbalingga Reaksi Cepat (PRC) yang turut melaksanakan evakuasi mengatakan pada Sabtu (22/5) sore Korban bersama Azizul (16) yang beralamat sama dengan korban melaksanakan registrasi pendaftaran di Basecamp Bambangan.

Namun, malam itu mereka masih bermalam di Basecamp dan Minggu (23/5) paginya baru mulai melaksanakan pendakian  bersama Tim lainnya. Mereka mulai mendaki dan sempat istirahat di Pos 5, namun saat perjalanan menuju Pos 6 korban jatuh pingsan dan meninggal dunia. kemudian korban dievakuasi  menuju ke Pos 5 oleh rekan dan Tim lainnya serta sempat di Yasinkan oleh rekan-rekannya di Pos 5.

Senin pagi sekitar pukul 06.30 WIB salahbsatu pendaki mengirim pesan singkat whatsapp ke petugas di Basecamp Bambangan terkait kejadian ini, sekitar pukul 09.00 WIB juga ada rombongan pendaki yang turun dan melaporkan kejadian ini ke petugas Basecamp Bambangan.

Pada pukul 09.30 WIB Tim SAR Pertama berangkat menuju lokasi untuk melakukan evakuasi dan disusul oleh Tim kedua sekitar pukul 11.30 WIB. Namun di tengah jalan TIM kedua justru bertemu dengan rombongan pendaki yang juga harus dievakuasi karena terkilir, sehingga Tim 2 dibagi. Sebagian untuk melakukan evakuasi korban terkilir dan sebagian melanjutkan perjalanan ke Pos 5 untuk evakuasi korban meninggal dunia.

Sekitar pukul 15.00 WIB jenazah korban sudah dievakuasi turun sampai basecamp Bambangan, selanjutnya dibawa ke Puskesmas Karangreja untuk dilakukan visum atau pemeriksaan. Dari hasil Pemeriksaan tim medis, korban mengalami hipotermia yang mengakibatkan SM meninggal.