Muncul Sinar Aneh di Langit Pasca Gempa Malang -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

Muncul Sinar Aneh di Langit Pasca Gempa Malang

Minggu, 11 April 2021



INFOPBG.COM, BLITAR
- Pasca gempa Malang 6,7 M yang mengguncang sebagian besar wilayah Jawa Timur, netizen merekam munculnya sinar aneh di langit. Apakah sinar aneh tersebut berkaitan dengan gempa Malang?



Beberapa netizen mem-posting munculnya sinar berwarna-warni di balik gumpalan awan setelah gempa di Malang. Mereka mempertanyakan fenomena ini apakah adakah kaitannya dengan gempa bumi yang terjadi di Malang?

Kepala Stasiun Geofisika Malang Ma'muri menuturkan pihaknya hanya menerima laporan munculnya sinar aneh tersebut dari wilayah Blitar dan Secara keilmuan, peristiwa gempa bumi tidak bisa dikaitkan dengan fenomena yang muncul di langit.


Tidak ada kaitannya antara gempa yang baru terjadi dan sinar itu, karena gempa disebabkan oleh aktivitas di dalam bumi sedangkan sinar tersebut terbentuk karena faktor cahaya matahari dengan awan yang berada di atas bumi atau di langit.

Selain itu, Ma'muri mengakui ada laporan terjadi hujan sangat lebat di wilayah Kabupaten Blitar, diantaranya ada di Kecamatan Selorejo yang berbatasan dengan wilayah Karangkates, Kabupaten Malang. Awan-awan tebal masih banyak terbentuk di wilayah itu, sehingga menutup sebagian sinar matahari yang sudah mulai bergeser ke arah barat. Sinar yang tampak itu cahaya matahari yang tertutup oleh awan tebal, sehingga ada celah di awan yang meneruskan cahaya matahari dan bisa jadi seperti pelangi akibat faktor pembiasan matahari oleh titik-titik hujan. Ia menegaskan sinar itu bisa dikatakan pelangi karena tidak hanya sinar merah yang tampak, tapi juga jingga, kuning, hijau, biru, dan ungu.