Semua Akun Open BO Bakal Diblokir Menkominfo -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

Semua Akun Open BO Bakal Diblokir Menkominfo

Jumat, 26 Maret 2021



INFOPBG.COM, NASIONAL - Banyaknya akun open BO yang membuat khawatir sejumlah mama muda membuat pemerintah akan memblokir sejumlah akun tersebut. 

Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny G Plate mengatakan akan menutup semua akun Open BO, terutama yang marak di aplikasi pesan instan MiChat. Ia menambahkan MiChat menjadi sorotan masyarakat akibat kerap disalahgunakan untuk prostitusi online termasuk kasus yang terjadi di Hotel Alona milik artis Cynthiara Alona.

Alona yang sudah menjadi tersangka memperkerjakan anak dibawah umur di hotelnya yang berada di Tanggerang. 

Open BO sendiri merupakan istilah yang kerap digunakan untuk para penjaja sex komersial atau prostitusi online. Maksudnya booking dulu lewat online, tentunya dengan membayar uang muka dan selanjutnya biasanya menentukan tempat "kopi darat" dan slot. Hal tersebut karena pekerja melayani beberapa tamu dalam sehari dan harus mengatur slot waktu. Di dunia prostitusi online, aplikasi MiChatlah yang paling populer dibandingkan aplikasi social media lain. Dan hastag yang umum dipakai adalah #VCS, #OpenBO dan #ChatSex.

Jhonny menyatakan, kementerian yang dipimpinnya sudah meminta komitmen dari penyelenggara aplikasi pesan instan asal China itu untuk melakukan take down terhadap akun-akun yang digunakan sebagai praktik prostitusi online ataupun yang melanggar hukum. Ada banyak warganet yang menggunakan beberapa aplikasi tersebut untuk melakukan kegiatan hukum, khususnya komunikasi aktivitas prostitusi.