Pemkab Purbalingga Siapkan Sentra UMKM -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

Pemkab Purbalingga Siapkan Sentra UMKM

Senin, 08 Maret 2021



INFOPBG.COM, PURBALINGGA - Kabar baik untuk pelaku UMKM, pasalnya Pemkab Purbalingga bakal menyediakan lapak untuk pemasaran produk UMKM. Tempat memasarkan produknya tidak hanya secara offline, namun secara online dan akan disediakan sebagai paya mempercepat pemulihan ekonomi akibat pandemi.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan akan menyediakan tempat untuk memasarkan produk-produk UMKM dari Purbalingga. Ia mengatakan dalam Webinar Nasional yang disiarkan secara langsung di aplikasi Zoom serta Youtube BMTDAS TV. Salah satu programnya yakni Tuka-Tuku Purbalingga yang merupakan media pemasaran online yang bekerja sama dengan Bukalapak.

Selain itu, gerai-gerai modern seperti SRC, Alfamart dan Indomart juga digandeng untuk memasarkan produk UMKM lokal Purbalingga pastinya dengan proses seleksi kualitas, kontinuitas yang terjamin untuk produknya. Di beberapa titik di Purbalingga juga terdapat fasilitas lapak seperti di Taman Usman Janatin yang menyediakan tempat untuk beberapa paguyuban UMKM, salah satunya Batik Wastralingga dan Tuka-Tuku Purbalingga.

Di Pendopo Dipokusumo juga disiapkan sentra untuk memajang produk lokal Purbalingga, bahkan Pemkab juga berencana membangun sentra industri UMKM di beberapa lokasi di Purbalingga. Salah satu contoh di Desa Beji yang terdapat Paguyuban atau Komunitas Jamu Gendong, nantinya akan ada wahana edukasi terkait pembuatan jamu itu sendiri.

Tiwi menambahkan pemkab juga menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan pendampingan pemasaran secara online bagi pelaku UMKM di Purbalingga, mengingaat kebutuhan pemasaran di masa pandemi ini justru bergeser melalui online.