Lokasi Mana Saja yang Sudah Terdapat CCTV di Purbalingga? -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

Lokasi Mana Saja yang Sudah Terdapat CCTV di Purbalingga?

Minggu, 21 Maret 2021



INFOPBG.COM, PURBALINGGA - 23 Maret mendatang jelang penerapan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Kabupaten Purbalingga baru ada dua lokasi yang sudah terpasang kamera CCTV. Seperti diketahui, kamera pengawas tersebut dipasang untuk memantau secara langsung aktivitas lalu lintas serta pelanggaran lalulintas.

Lokasi Mana Saja yang Sudah Terdapat CCTV di Purbalingga?

Ada dua lokasi yang sudah terpasang kamera pengawas dengan 4 kamera terpasang. Satu kamera di Simpang Empat Patung Jenderal Soedirman atau depan Mapolres Purbalingga serta tiga kamera di Simpang Empat Sirongge.

Disamping itu, kamera portable juga dipasang di kendaraan patroli lalu lintas maupun helm yang dipakai personel saat melaksanakan patroli.

Seperti diketahui, kamera Portable Penindakan Pelanggaran Kendaraan Bermotor (KOPEK) ini merupakan inovasi dari Ditlantas Polda Jateng untuk mendukung sistem ETLE. Kopek berfungsi sebagai perekam dan indentifikasi pelanggaran lalulintas di lokasi yang belum terpasang kamera ETLE yang menjadikan rekaman tersebut sebagai bukti pelanggaran. 

Kopek ini bisa mendeteksi wajah pengguna yang terintegrasi dengan data SIM dan KTP, selain itu juga bisa mengidentifikasi pelanggaran melalui nomor plat nomor kendaraan. 
Ruang TCM atau Traffic management Center yang berlokasi di kantor satlantas juga telah diresmikan pada Jumat (19/3). Ruang tersebut digunakan untuk memantau wilayah Kabupaten Purbalingga. 
Seluruh wilayah Indonesia pada tanggal 23 Maret 2021 akan melaunching sistem tilang elektronik, bukan untuk mencari kesalahan pengendara namun sebagai pengingat agar masyarakat selalu tertib berlalulintas dan selalu mengecek kelengkapan kendaraan serta surat-suratnya. Dengan adanya sistem tilang elektronik ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dalam berlalulintas dan dapat meminimalisir angka kecelakaan dijalan raya.