Hujan Deras Disertai Angin dan Petir Hingga Menyambar Rumah -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

Hujan Deras Disertai Angin dan Petir Hingga Menyambar Rumah

Sabtu, 06 Maret 2021



INFOPBG.COM, CILACAP - Rumah warga terkena sambaran petir pada Kamis (4/3) petang lalu. Diketahui rumah-rumah tersebut berada di Desa Panulisan Timur Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap.

Kasie Trantib Kecamatan Dayeuhluhur Sugiantoso mengatakan hujan deras disertai angin dan juga petir masih terjadi di wilayah Kabupaten Cilacap. Bahkan, sambaran petir kali ini hingga merusak instalasi listrik dan sejumlah rumah, diantaranya rumah milik keluarga Dede Turiman warga RT 3 RW 10 Dusun Ciawitali yang mengalami kerusakan pada sejumlah peralatan elektroniknya. Instalasi listrik di rumahnya juga rusak dan dari sambaran petir tersebut juga meninggalkan warna hiitam pada tembok rumahnya. Diperkirakan warna hitam tersebut akibat percikan api saat petir menyambar. 
Kepala Dusun Ciawitali Hendra mengatakan kebetulan rumah milik Dede Turiman dan Cicih Warsih berdekatan, sehingga rumah Cici Warsih juga terdampak sambaran petir. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 16.00 WIB dan mengakibatkan kerusakan pada barang elektronik serta Kwh meter listrik terbakar, bahkan jendela kaca pecah.

Ia menambahkan petir menyambar melalui antena televisi dan merambat melalui jendela sampai dengan Kwh pelanggan hingga menjalar ke peralatan elektronik lainnya. Selain milik Dede Turiman dan Milik Cicih Warsih, tetangga sekitarnya juga mengalami dampaknya.

Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, namun kedua keluarga tersebut mengalami syok dan mengalami kerugian materil akibat rusaknya barang elektronik.

Kepala Desa Panulisan Timur Hariyanto mengatakan hujan disertai angin dan petir dikhawatirkan juga mengakibatkan pohon tumbang ataupun tanah longsor, maka pemdes memonitor dan menyampaikan himbauan agar warganya lebih waspada. Pihaknya langsung melakukan pendataan dampak yang ditimbulkan diitindaklanjuti dan berkoordinasi dengan Forkompincam untuk penanganan paska kejadian.