7 Kebiasaan yang Bisa Membahayakan Ginjal -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

7 Kebiasaan yang Bisa Membahayakan Ginjal

Selasa, 09 Maret 2021

 7 Kebiasaan yang Bisa Membahayakan Ginjal




INFOPBG.COM, Kesehatan – Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang rentan mengalami kerusakan. Apalagi jika kita menerapkan gaya hidup yang tidak sehat. Sayangnya, masih banyak orang yang melakukan hal ini sehingga menyebabkan beban kerja dari organ tubuh ini semakin meningkat, padahal hal ini bisa memicu datangnya penyakit yang berbahaya.

Apa saja kebiasaan tidak sehat bagi ginjal?


Pakar kesehatan menyebutkan jika ginjal yang sudah mulai rusak atau terkena penyakit akan tidak bisa berfungsi dengan semestinya. Hal ini tentu akan membuat berbagai macam racun di dalam tubuh menumpuk dan akhirnya berimbas buruk pada kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut ini merupakan kebiasaan tidak sehat yang bisa membahayakan ginjal kita.

  1. Sering mengonsumsi makanan tinggi garam

Makanan dengan kandungan garam yang tinggi tak hanya bisa di temukan pada masakan buatan sendiri atau di tempat makan. Dalam realitanya, ada banyak sekali makanan kemasan yang juga tinggi garam, diantara makanan itu seperti keripik, biskuit, dan lain-lain. Sayangnya kita tidak menyadari karena rasanyapun belum tentu asin.

Disamping bisa meningkatkan tekanan darah. Makanan tinggi garam juga bisa membebani ginjal dan akhirnya menurunkan fungsi ginjal dengan signifikan. Bahkan, pakar kesehatan James Simon dari Cleveland Clinic menyebut kalau hobi mengonsumsi makanan tinggi garam juga bisa memicu peningkatan risiko terkena batu ginjal.

Dan demi menjaga kondisi tubuh, pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi asupan garam maksimal 2.300 mg setiap harinya.

  1. Malas memeriksa tekanan darah secara teratur

Secara keseluruhan tekanan darah memiliki pengaruh besar bagi kondisi ginjal. Jika kita mengalami masalah tekanan darah tinggi yang tak terkendali maka hal tersebut bisa memicu kerusakan pada pembuluh darah yang ada pada ginjal dan akhirnya bisa merusak organ ini. Masalahnya utamanya banyak orang yang bahkan tidak menyadari dirinya mengalami masalah tekanan darah tinggi karena tidak pernah memeriksakannya.

Pastikan untuk rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah dan setidaknya setahun dua kali demi mengetahui kondisi tekanan darah dalam tubuh serta yang utama menerapkan gaya hidup sehat demi menjaga keseimbangannya.

  1. Masih merokok

Rokok memberikan dampak kesehatan yang sangat besar bagi hampir semua bagian dan organ tubuh, hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam memicu peningkatan tekanan darah serta merusak pembuluh darah, termasuk yang ada di ginjal. Sebuah penelitian membuktikan jika merokok hingga 16 tahun lamanya bisa meningkatkan risiko kanker ginjal mencapai 40 persen!

  1. Kurang minum

Tak hanya akan menyebabkan rasa haus maupun dehidrasi, kurang minum juga bisa meningkatkan risiko kerusakan ginjal dengan signifikan. Hal tersebut disebabkan oleh ginjal yang harus bekerja dengan keras untuk menyaring darah yang jauh lebih kental akibat tidak seimbangnya cairan tubuh. Hal inilah yang akhirnya menurunkan fungsinya dengan signifikan.

  1. Sembarangan minum obat

Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit tanpa memperhatikan dosis atau saran dokter juga dapat memicu kerusakan pada ginjal. Konsumsi obat-obatan dalam jangka panjang tanpa pengawasan dokter juga bisa menyebabkan hal yang sama, hal tersebut disebabkan oleh ginjal yang harus bekerja keras demi mengolah obat-obatan ini sehingga akhirnya rentan mengalami kerusakan.

  1. Kurang tidur

Kurang tidur akan membuat ginjal menjadi lebih tegang serta tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Dan hal ini bisa berimbas pada kerusakan ginjal dengan signifikan.

  1. Hobi mengonsumsi alkohol

Tak hanya bisa menyebabkan kerusakan atau penyakit pada hati, mengonsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ginjal kronis hingga dua kali lipat!