6 Makanan Yang Bisa Tingkatkan Risiko Terkena Kanker -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

6 Makanan Yang Bisa Tingkatkan Risiko Terkena Kanker

Selasa, 23 Maret 2021

6 Makanan Yang Bisa Tingkatkan Risiko Terkena Kanker


keripik-asin-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Guilia Carradori

KESEHATAN – Salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang yakni kanker. Tak hanya bisa membuat penderitanya mengalami peningkatan resiko meninggal dunia, ia juga akan mengalami penderitaan yang luar biasa mengingat penyakit ini menggerogoti bagian tubuh. Untuk proses pengobatan penyakit ini juga cenderung sangat berat dan belum tentu bisa sembuh hingga tuntas. Karena alasan inilah sebaiknya kita sebisa mungkin untuk mencegahnya.

Berbagai macam makanan yang lebih baik dihindari demi mencegah kanker

Salah satu cara yang bisa kita lakukan demi mencegah datangnya kanker yakni dengan menerapkan pola makan yang tepat. Pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan yang ternyata bisa meningkatkan risiko terkena kangker  dan berikut merupakan makanan-makanan tersebut.

  1. Minuman bersoda

Minuman ini cenderung digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang enak sekaligus menyegarkan, apalagi jika disajikan dalam kondisi dingin, namun minuman bersoda termasuk dalam minuman yang paling tidak baik bagi kesehatan.

Dalam minuman bersoda, kandungan gula sangatlah tinggi, apalagi ditambah dengan fakta bahwa jenis gula yang ada di dalam minuman ini merupakan sirup jagung yang tinggi kandungan fruktosa. Gula ini sangatlah pekat serta cenderung sulit dicerna oleh tubuh.

Jika kita sering mengonsumsinya, organ pencernaan, khususnya hati akan bekerja dengan sangat keras untuk mengolahnya. Ditambah lagi paparan bahan pewarna buatan di dalam minuman ini, maka risiko untuk memicu datangnya kanker di organ pencernaan akan meningkat.

  1. Makanan dengan bahan tepung putih

Makanan dari bahan tepung putih seperti pasta, roti, dan berbagai macam kue bisa dengan mudah kita temui setiap hari, namun di balik kenikmatan makanan-makanan ini, ada peningkatan risiko kanker jika kita terlalu sering mengonsumsinya. Hal ini disebabkan oleh proses pengolahan tepung putih yang menggunakan beberapa bahan kimia dan itu berpotensi meningkatkan risiko terkena kanker.

  1. Keripik kentang

Khusus keripik kentang yang sudah dikemas dengan berbagai varian rasa yang menarik ternyata juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker jika sering dikonsumsi. Hal tersebut dikarenakan tingginya kandungan lemak trans, bahan pengawet hingga garam di dalamnya.

Selain itu, proses pengolahannya juga dengan suhu tinggi yang ternyata bisa memicu munculnya kandungan akrilamida. Yakni, salah satu kandungan yang bersifat karsinogen atau bisa menyebabkan datangnya kanker.

  1. Margarin

Margarin yang sering kita jadikan bahan pembuat kue ternyata juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker, pasalnya proses pengolahannya yang menggunakan minyak dalam suhu tinggi yang akhirnya bisa memicu munculnya zat kimia berjenis lycidol serta 3-MCPdare dan bersifat karsinogen atau bisa menyebabkan datangnya kanker.

  1. Popcorn yang diolah di dalam microwave

Popcorn yang diolah dengan menggunakan microwave memang memiliki rasa yang enak, tapi pakar kesehatan menyebut makanan ini sudah memiliki kandungan zat kimia PFOA yang merupakan salah satu bahan bersifat karsinogen. Disamping itu, kita juga bisa menemukan bahan kimia lain seperti diacetyl di dalam popcorn ini.

  1. Daging merah

Meski tinggi nutrisi, sebaiknya kita batasi konsumsinya karena bisa memicu datangnya berbagai macam masalah kesehatan serius seperti kanker, obesitas, dan yang lainny. Bahkan, jika kita hobi mengonsumsi daging bakar berlebihan, risiko terkena kanker pankreas bisa naik hingga 60 persen.