Suasana Menyentuh Pemakaman COVID-19 Ditengah Banjir -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

Suasana Menyentuh Pemakaman COVID-19 Ditengah Banjir

Sabtu, 20 Februari 2021

Genangan air di pemakaman bukan halangan bagi petugas melaksanakan tugas. (Foto: Dok. Puskesmas Siwal, Pekalongan)


INFOPBG.COM, PEKALONGAN - Berjudul "a Picture describes thousands words", Suasana menyentuh sekaligus mengharukan terjadi saat para petugas pemakaman COVID-19 harus memakamkan jenazah ditengah kondisi banjir. Diketahui prosesi pemakaman ini diunggah oleh Akun Facebook Puskesmas Siwalan, Pekalongan  pada Kamis (18/2) lalu.

Kepala Puskesmas Siwalan Suwondo membenarkan bahwa postingan tersebut benar terjadi di wilayahnya, dan terjadi pada Kamis (18/2) di pemakaman Desa Depok Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah dengan protokol COVID-19.

Ia menambahkan foto-foto tersebut merupakan prosesi pemakaman salah satu warga setempat yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan. Jenazah terkonfirmasi COVID-19 ini sudah dilakukan pemulasaraan sesuai protokol. Dalam foto-foto tersebut petugasnya tengah memakamkan jenazah, walaupun terkendala banjir namun tetap lancar.

Upaya mengeringkan liang lahat dari genangan air (Foto: Dok. Puskesmas Siwal, Pekalongan)


Sebelum pemakaman, salat jenazah yang dilakukan oleh petugas dengan kondisi peti yang masih di dalam mobil seperti yang nampak pada foto dalam postingan.
Dijelaskannya, pemakaman berjalan lancar dengan dibantu pompa air untuk mengeringkan liang lahat dari genangan air. Sebelumnya, Pembuatan makam juga dibantu pompa untuk menyedot air.