Piala Menpora digelar di Empat Kota -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

Piala Menpora digelar di Empat Kota

Jumat, 19 Februari 2021



INFOPBG.COM, SEPAK BOLA - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) bisa bernapas lega pasalnya Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akhirnya memberikan izin digelarnya turnamen pramusim. Dengan nama Piala Menpora.
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan agar seluruh pemangku kepentingan sepak bola mulai dari klub, pemain hingga para suporter agar dapat menjaga komitmen bersama, terutama terkait protokol kesehatan yang menjadi prioritas, Kamis (18/2).

Secara langsung izin turnamen pramusim diberikan secara langsung dari Kapolri Listyo kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali di Mabes Polri. Dan untuk turnamen sepak bola itu akan digelar pada 20 Maret – 25 April.
Bursa Transfer Pemain di Klub Liga 1 Mulai Menggeliat, Piala Menpora akan menjadi indikator apabila berjalan lancar maka Polri akan memberikan izin digelarnya Liga 1 dan Liga 2. Dan rencananya kompetisi tersebut akan bergulir pada bulan Agustus mendatang.

Piala Menpora ini rencananya akan digelar di empat kota, yakni di Kota Solo, Bandung, Sleman dan Malang yang akan menjadi tuan rumah turnamen. Sedangkan Kota Palembang dipersiapkan sebagai alternatif. Dan nantinya Piala Menpora akan diikuti oleh 20 klub atau 18 tim dari Liga 1 dan dua tim Liga 2. 
Kemudian akan dibagi menjadi empat grup dengan masing-masing grup diisi oleh lima klub. Tiap grup akan bermain di satu kota, selanjutnya dua klub teratas dari fase grup akan lolos ke babak perempat final, Lalu masuk ke semifinal dan terakhir dalam partai final sedangkan untuk laga perebutan tempat ketiga masih Abu-abu.

Kenapa di sebut Piala Menpora 2021?

Dalam kompetisi ini Kemenpora dapat melakukan pengawasan terhadap hal-hal teknis terutama dalam penerapan protokol kesehatan, Selanjutnya Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau yang akrab dipanggil Iwan Bule berharap agar gelaran Piala Menpora akan berjalan dengan lancar agar tidak ada masalah dengan izin untuk Liga 1 dan Liga 2. Selain itu, Iwan Bule juga meminta kepada seluruh suporter untuk bisa menahan diri agar tidak datang ke stadion, nonton bareng atau kegiatan apapun yang akan menimbulkan kerumunan warga. 

Pihak kepolisian tidak akan mentolerir jika ada pelanggaran terkait protokol kesehatan dan secara tegas izin akan langsung dicabut. Tentunya pihak kepolisian tidak ingin turnamen ini malah menjadi cluster baru penularan Covid-19.