Pemkab Purbalingga Meminta Support Beberapa Program di 2021 -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

Pemkab Purbalingga Meminta Support Beberapa Program di 2021

Rabu, 03 Februari 2021


INFOPBG.COM, PURBALINGGA - Pemkab purbalingga mengajak Kemendag untuk mensupport beberapa program diantaranya sarana dan prasarana bagi pelaku UMKM di Purbalingga Food Centre (PFC) dan Bedah Warung. Rombongan Pemerintahan Kabupaten Purbalingga  yang dipimpin oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM ini mengunjungi Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kementerian Perdagangan pada Rabu 3 Februari 2021.

Rencananya di tahun 2021 ini sebanyak 100 PKL akan ditempatkan di PFC, maka dari itu sarana dan prasarana fisik PFC akan disempurnakan. Pihaknya juga berharap bantuan kembali dari Ditjen PDN guna membantu tenda beserta grobak jual bagi pedagang agar bisa seragam. Anggaran dari APBD baru bisa untuk membangun sarana fisik.

Bupati juga mendukung program Ditjen PDN yang perlu dilanjutkan diantaranya bedah warung, dimana pada 2020 lalu Kabupaten Purbalingga mendapatkan alokasi untuk 10 unit warung.

Para pemilik warung rumahan antusias mendengar kabar ini. Pemda Purbalingga akan menindaklanjuti program ini dengan memberikan pembinaan manajemen warung dan bantuan permodalan melalui Kredit Mawar (bunga 0% dari Pemkab Purbalingga). Disamping itu Pemkab Purbalingga mengusulkan beberapa hal kepada Kemendag, diantaranya revitalisasi pasar rakyat melalui dana TP Kemendag dengan kebutuhan sekitar Rp. 24 miliar, revitalisasi pasar rakyat melalui DAK Kemendag dengan kebutuhan sekitar Rp. 7 miliar, program bantuan pemberdayaan usaha perdagangan dan program penanganan Covid-19 di pasar rakyat.

Khusus di tahun 2021 pihaknya mendapat dana revitalisasi pasar sebesar RP. 6,7 miliar dari APBD Provinsi Jawa Tengah (bangub) serta berharap melalui forum ini akan ada lagi kabar baik dari pak dirjen guna alokasi anggaran revitalisasi pasar rakyat Purbalingga baik dari DAK maupun Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan.