Sirkuit Mandalika Batal Masuk Kalender MotoGP 2021 -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

Sirkuit Mandalika Batal Masuk Kalender MotoGP 2021

Sabtu, 10 April 2021



INFOPBG.COM, OTOMOTIF - MotoGP Indonesia di Mandalika International Street Circuit, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) resmi tidak akan digelar pada Oktober 2021 mendatang. Hal tersebut telah diputuskan setelah perwakilan Dorna Sports dan Federasi Sepeda Motor Internasional (Fédération Internationale de Motocyclisme/FIM) melakukan inspeksi pada Rabu lalu (7/4).

FIM adalah organisasi internasional sepeda motor yang beranggotakan 112 federasi yang dibagi dalam enam wilayah benua sedangkan sementara Dorna merupakan organisasi penyelenggara balapan MotoGP dan pemegang hak komersial untuk olahraga sepeda motor MotoGP.

Pihak Dorna Sports dan FIM menyatakan kepuasannya terhadap perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika yang ditargetkan rampung pada pertengahan 2021. Meski pihak PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) optimis dengan Sirkuit Mandalika yang akan bisa menggelar balapan MotoGP Indonesia tahun ini. Namun, Dorna Sports dan FIM memastikan MotoGP di Indonesia baru akan digelar awal tahun 2022.

Target untuk Sirkuit Mandalika adalah tetap menggelar FIM Superbike pada 14 November 2021 mendatang. Namun, karena pandemi Covid-19, semua pihak setuju untuk menggelar balapan MotoGP pada paruh pertama musim 2022," seperti yang dikutip oleh Dorna Sports dan FIM dalam situs resminya.

Namun, pihak Dorna Sports dan FIM juga membuka kemungkinan Sirkuit Mandalika bisa menggelar tes dan pesertanya para pembalap kelas MotoGP pada akhir 2021 ini. Hal tersebut akan diupayakan jika MotoGP dapat menggelar balapan di Asia Tenggara jelang akhir MotoGP 2021.

Sedangkan MotoGP Thailand dan MotoGP Malaysia dijadwalkan akan berlangsung pada akhir musim 2021. Jadi, peluang terbaik Sirkuit Mandalika menggelar tes terjadi pada pertengahan Oktober 2021 atau awal November 2021.

President Director ITDC Abdulbar M Mansoer mengungkapkan pihaknya berterima kasih kepada FIM dan Dorna yang telah datang dan melaksanakan technical visit yang berjalan dengan baik serta memenuhi harapan mereka. Dengan mengetahui bulan yang pasti untuk acara MotoGP, pihaknya yakin akan fokus menyelesaikan proyek pengembangan Sirkuit Jalan Internasional Mandalika, disamping itu juga akan memaksimalkan nilai yang ditawarkan acara olahraga hebat ini.

Carmelo Ezpeleta CEO Dorna mengatakan kunjungan ke Lombok sangat sukses dan dapat memastikan bahwa Sirkuit Internasional Mandalika akan menjadi salah satu venue terpenting di kalender MotoGP ke depannya. Pihaknya juga tahu bahwa suporter dari Indonesia akan hadir secara masif serta gelaran GP akan menjadi satu salah satu yang paling ikonik sepanjang musim. Pasalnya, Indonesia merupakan pasar utama, tidak hanya untuk Dorna tetapi juga untuk semua pemangku kepentingan kejuaraan.
 

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengungkapkan terkait batalnya penyelenggaraan MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah. Ia mengatakan MotoGP tetap akan dilaksanakan di Mandalika, cuma bukan Oktober 2021 tapi di bulan Maret 2022. Ia menambahkan Dorna puas dengan kondisi sirkuit Mandalika bahkan sangat yakin perlombaan bisa dilaksanakan pada Oktober 2021 ini, namun Indonesia yang agak berat dan memutuskan sebaiknya digelar pada Maret 2022. Alasannya karena pihaknya belum yakin Oktober 2021 ini sudah benar-benar bisa mengendalikan pandemi Corona Virus 19 ini. Pihaknya ingin perhelatan MotoGP ini sukses sebagai etalase event internasional yang diselenggarakan Indonesia.