Awas Hoax Harga Tiket Pesawat ke Purbalingga -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

Awas Hoax Harga Tiket Pesawat ke Purbalingga

Kamis, 04 Februari 2021

 


INFOPBG.COM, PURBALINGGA - Belakangan ini beredar unggahan harga tiket penerbangan dari Jakarta  - Purbalingga di platform Facebook. Sejumlah maskapai penerbangan juga mencantumkan harga dalam unggahan tersebut, diantaranya ada Citilink, Air Asia, Lion, Batik Air, Wings Abadi Airlines, hingga Garuda Indonesia.

Dalam unggahan tersebut tertulis harga tiket pesawat jurusan Jakarta-Purbalingga mulai dari harga Rp 328.500 hingga Rp 1 jutaan. Diketahui unggahan harga tiket tersebut diunggah oleh akun facebook Bekisar Merah.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purbalingga Yani Sutrisno UN ketika dikonfirmasi mengaku kaget, sebab sepengetahuan dirinya Bandara Jenderal Soedirman Purbaingga belum membuka atau melayani rute pesawat dari Jakarta ke Purbalingga maupun jurusan lainnya.

Baru-baru ini survei yang diakukan oleh Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, masih akan dievaluasi apakah layak untuk melayani penerbangan atau tidak. 

Jika layak, izin operasional baru keluar dan selanjutnya baru ditawarkan rute ke Bandara Jenderal Soedirman oleh Kemenhub kepada maskapai.

Yani memastikan informasi harga tiket maskapai penerbangan dari Jakarta ke Purbalingga yang beredar itu berita bohong (hoax). Hal itu juga diperkuat oleh perwakilan PT Angkasa Pura II di Purbalingga, selaku operator Bandara Jenderal Besar Soedirman.

Berdasarkan penelusuran melalalui Google. Daftar harga tiket pesawat itu bukanlah rute Jakarta-Purbalingga, namun peringkat penawaran terbaik. Hasil pencarian google yang keluar ialah rute penerbangan dari Jakarta menuju bandara terdekat Kabupaten Purbalingga. Melainkan nama bandara yang muncul adalah Bandar Udara Internasional Yogyakarta (YIA). Sehingga unggahan tersebut adalah hoax. Dan hal ini merupakan kesalahan mengartikan hasil pencarian google tentang harga tiket pesawat Jakarta-Purbalingga.