Musim Penghujan Marak Jalan Longsor hingga Ambles Total -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

Musim Penghujan Marak Jalan Longsor hingga Ambles Total

Selasa, 12 Januari 2021




INFOPBG.COM , PURBALINGGA -  Jalan utama penghubung Kebumen - Wadasilintang Wonosobo ambles. Jalan tersebut tepatnya jalan Provinsi berada di Desa Trimulyo yang bertepatan di depan markas Koramil 12/Wadasilintang  yang mengakibatkan tidak bisa dilewati sama sekali. 

Camat Wadasilintang, Mitro Sambodo melaporkan bahwa jalan tersebut putus total dan ambles akibat curah hujan yang cukup tinggi sejak Senin siang. Jalan longsor ini terjadi pada hari Selasa, 12 Januari 2021 pukul 04.45 WIB. Jalan yang ambles sekitar 20 meter dengan kedalaman mencapai kurang lebih 5 meter. Disebelah jalan merupakan lembah yang cukup dalam, kondisi dibawah jalan tersebut adalah area persawahan milik warga setempat.

Akibat jalan yang ambles Lettu Cpl Tulus Widodo menyampaikan bagi kendaraan roda dua maupun roda empat bisa melewat jalan alternatif Kaliwo - Mendono - Gumler - Besuki - Tirip - Wadasilintang. Akan tetapi untuk kendaraan besar seperti truk tidak di anjurkan menggunakan jalan tersebut karena jalan yang sempit dan akn menimbulkan kemacetan. Jadi untuk kendaraan besar yang menuju Kebumen dialihkan ke Banjarnegara lewat Gandulekor.


Danramil Wadasilintang juga menghimbau kepada seluruh warga agar tidak mendekati lokasi longsor, khawaitrnya longsor akan lebih besar dan berbahaya hingga menimbulkan korban jiwa.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan agar selalu waspada dimana sekarang curah hujan masih tinggi dan ditakutkan longsor akan kembali terjadi. Masyarakat harus selalu peduli bersama-sama menjaga lingkungan. Dan jika terjadi longsor harap segera melaporkan kepada pemerintah setempat.

Disisi lain, jalan penghubung Purbalingga dan Banjarnegara tepatnya di wilayah Timbang, Kecamatan Kejobong Purbalingga tertutup material tanah longsor.



Kapolsek Kejobong AKP Suswanto mengatakan hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Kejobong sekira pukul 19.00 WIB mengakibatkan bencana tanah longsor di Desa Timbang. Longsor ini berasal dari tebing setinggi tiga meter di tepi jalan yang mengakibatkan jalan tertutup material longsor dan perlu dilakukan evakuasi agar tidak menggangu arus lalulintas.

Warga setempat dan anggota Polsek Kejobong membersihkan material longsor dengan alat seadanya. Kapolsek menambahkan dalam kejadian longsor ini tidak ada korban jiwa. Setelah evakuasi material longsor jalan langsung bisa dilewati namuh harus berhati-hati karena jalan menjadi licin.