BJB Soedirman Purbalingga Dipercepat Lebaran 2021 Siap Dioprasikan -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

BJB Soedirman Purbalingga Dipercepat Lebaran 2021 Siap Dioprasikan

Senin, 18 Januari 2021




 INFOPBG.COM , PURBALINGGA - Pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman atau yang biasa di kenal dengan BJB Soedirman yang berada di Desa Wirasaba Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga akan di percepat lagi. Rencananya BJSB Soedirman sudah bisa dioprasikan pada lebaran tahun 2021 ini.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi usai melakukan rapat percepatan pembangunan BJB Soedirman di Kementerian Perhubungan pada hari Senin, 18 Januari 2021. Rapat rersebut ilakuakn melalu Zoom meeting yang dihadiri oleh Menetri Perhubungan Budhi Karya Sumadi, Direktur Utama PT Angkasda Pura (AP) II M Awaludin, Budi Setyadi Dirjen Perhubungan Darat, Agus Santoso Dirjen Perhubungan Udara, Serta Dyah Hayuning Pratiwi Bupati Purbalingga yang didampingi oleh sejumlah Pejabat Pemkab Purbalingga.

Bupati Purbalingga yang didampingi Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pembangunan Daerah, Siswanto menjelaskan kalau Menhub meminta pembangunan ruang tunggu darurat untuk dipercepat. Kalau bisa Pemkab turut andil membantu dengan memfasilitasi pengadaan ruang tunggu darurat atau sementara bisa menggunakan tenda. Namun, dikarenakan masih dalam situasi pandemi, protokol kesehatan harus tetap diterapkan. Menhub juga meminta agar ruang tunggu lebar dan bisa digunakan untuk sekitar 72 calon penumpang.

Untuk mendukung terealisasinya keberadaan BJB Soedirman, Kemenhub akan berkoordinasi dengan Pemkab Banyumas dan cilacap. Yang bertujuan untuk pengadaan pelayanan angkutan perkotaan dari Cilacap menuju Bandara serta dari Banyumas menuju Bandara. Bukan hanya itu, rencananya juga da perbaikan angkutan kota aglomerasi Banyumas Raya. Mulai dari Stasiun Kroya sampai Stasiun Purwokerto dan Bandara. Petunjuk teknis saat ini sedang disiapkan. Tambah Bupati Purbalingga.

Runaway akan mencapai 1600 m strip 1770. Dan ini sudah memenuhi syarat untuk pesawat ATR 70. Maret-Apriil targetnya menggarap asistensi terkait safety : entry, flow, ruang udara akan segera dilaksanakan yang sesuai dengan kriteria safety.

Dyah hayuning Pratiwi juga menyapaikan pecepatan pembangunan BJB Soedirman akan segera dilakukan. Dimana keberadaan Bandara ini merupakan suatu kebanggan dan pembangkit perekonomian di wilayah Purbalingga dan Banyumas Raya.