Tempat Pemungutan Suara Unik Pilkada 2020 - Info Purbalingga -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

Tempat Pemungutan Suara Unik Pilkada 2020 - Info Purbalingga

Kamis, 10 Desember 2020



INFOPBG, PURBALINGGA - Pesta demokrasi Pilkada 2020 ini berbeda dari sebelumnya, pasalnya di Pilkada tahun 2020 ini ditengah wabah covid 19. Meski demikian, tak membuat ciut para petugas TPS untuk berinovasi dan berkreasi agar masyarakat setempat terdorong ke TPS.

Berikut tim INFOPBG.com menyajikan TPS unik di beberapa daerah saat Pilkada serentak :

Goa Demokrasi




TPS pertama berada di TPS 02 Desa Lamuk, Kecamatan Kejobong,Kabupaten Purbalingga. Mengusung tema Goa Demokrasi yang di cetuskan Andris Subekti Ketua PPS 02 Desa Lamuk. Goa Demokrasi juga tercetus dari landmark Purbalingga yaitu Goa Lawa atau yang  sekarang berganti nama jadi Golaga. Golaga yang merupakan salah satu obyek wisata hitz di Purbalingga. Disamping dekorasi Petugas KPPS pun berias dengan kostum ala-ala kelalawar.

Ia Mengungkapkan untuk mempersiapkan Goa Demokrasi ini tidaklah singkat. Sebulan lalu dia mempersiapkannya dan menghabiskan total dana Rp. 1,5 Juta, tapi dana yang di gelontorkan pemerintah Rp. 850.000 dan sisanya iuran. Petugas TPS berharap masyarakat tidak takut ke TPS karena sedang pandemi.



Sekolah




Berikutnya di Pekalongan, tepatnya di TPS 03,  Desa Karanganyar, Kecamatan Tirto Kabupaten Pemalang yang mengusung tema Sekolah. Para petugas KPPS mengenakan seragam sekolah mulai dari SD, SMP hingga SMA serta lengkap atribut pendukung seperti dasi dan topi.

Ketua KPPS 03 Imam Agus Maulana menuturkan ide tersebut sudah disiapkan beberapa hari yang lalu. Trik ini bertujuan agar warga lebih antusian menyalurkan hak suaranya.



TPS Anti Korupsi




Berikutnya di Solo RW 117, Kampung Bibis Kulon Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari Kota Solo. Beberapa atribut unik terpasang di tiap sisi TPS dan banyak tulisan semangat pemberantasan korupsi. Panitia KPPS juga menyiapkan seragam yang serupa dengan baju tahanan bertuliskan "Bukan Tahanan KPK" di bagian belakang.

Ketua RW 117 Agustinus Sigit Suseno mengatakan tema ini berawal dari keperihatinannya terhadap moral bangsa saat ini. Ia mengungkapkan bahwa ini rencana sudah lama, namun ternyata beberapa waktu lalu ada beberapa pejabat kita yang tertangkap karena kasus korupsi. Ia melibatkan banyak pihak seperti Mayor Haristanto  sang mantan Persiden Pasoepati untuk merencanakan TPS ini.

Hello Kitty




Berikutnya di TPS 01 yang bertepatan di Kampung Cijeruk RT 19 RW 20 Desa Cintaraja, Kecamatan Singaparna Kab. Tasikmalaya. Dekorasi ini bertemakan tokoh kartun terutama Hello Kitty dan juga Doraemon menghiasi TPS ini. Para petugas KPPS tak mau kalah, para petugas KPPS tidak menggunakan batik ataupun kemeja putih pada umumnya di TPS lain. Tapi mereka menggunakan kaos berwarna PINK yang bertuliskan CREW di bagian belakang.