Sungai Klawing Meluap hingga ke Pemukiman Warga -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

Sungai Klawing Meluap hingga ke Pemukiman Warga

Kamis, 03 Desember 2020



 


INFOPBG, PURBALINGGA - Hujan lebat mengguyur Purbalingga sejak Rabu sore ( 2/12/20). Hujan ini mengakibatkan debit sungai Klawing meningkat dan menyebabkan banjir. Intensitas hujan lebat kurang lebih pada pukul 17.00 WIB yang menyebabkan sungai klawing mengkat hingga mencapai kepermukiman warga. Air mulai masuk ke dalam rumah sekitar pukul 23.00 WIB. 


 Ada beberapa desa yang terkena dampak luapan air sungai klawing, seprti Kaliakajar, Kemangkon, Bojong. Bahkan jalan penghubung Kemangkon - Bojong dialihkan sementara oleh petugas Polsek Kemangkon ke arah Bukateja dikarenakan banjir yang cukup tinggi. Merendam sawah yang dekat dengan jalan sehingga jalanpun ikut tergenang air.

Dari beberapa desa yang disebutkan diatas, desa Jetis Kecamatan Kamngkon kabupaten Purbalingga adalah desa yang paling tinggi genangan airnya. Ketinggian air mencapai 100 cm dan bahkan sampai masuk kedalam rumah warga di Dusun 2 Kedungmaling.

Ada sampai puluhan rumah warga yang terendam air. Ada dua RT yang terendam banjir, sedangakan dalam satu RT saja kurang lebih sekitar 60KK.  Sedangkan di Dusun 1 Jetis Kulon, ketinggian air mencapai sekitar 150-200 cm. Dan ada tiga RT yang terdampak yaitu RT 5, RTv 3, dan RT 2. Dalam bencana banjir ini beruntung tidak ada korban jiwa, dan warga setempat di ungsikan ketempat yang lebih aman.