JKPT Temukan Kandungan Pestisida dalam Sayur dan Buah di Purbalingga -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

JKPT Temukan Kandungan Pestisida dalam Sayur dan Buah di Purbalingga

Rabu, 02 Desember 2020




 INFOPBG, PURBALINGGA - Jejaring keamanan Pangan Terpadu (JKPT) Kabupaten Purbalingga menemukan sejumlah sayur dan buah positif mengandung pestisida pada akhir November kemarin.

Tim JKPT mendapati sayur dan buah yang mengandung pestisida di temukan di kelompok Tani Karya Raharja Mukti Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga. Pengurus kelompok tani ini mengakui, beberapa hari sebelum dicekoleh petugas, sempat menyemprotkan buah-buah mereka dengan pestisida. Penyemprotan ini didasari karena para petani terpaksa untuk mengendalikan penyakit yang menyerang tomat-tomat mereka. Begitu yang disampaikan oleh Budi Prayitno, Kasi Keamanan Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan ( DKPP) Kabupaten Purbalingga.


Sebenarnya penyemprotan pestisida ini adalah hal yang lumrah bagi para petani, bukan hanya di Purbalingga saja di lain daerahpun juga mungkin melakukan hal yang sama, agar hasil panen menjadi maksimal.

Perlu diketahui, zat yang menempel pada sayur itu berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Tim JKPT menyarankan para petani agar tidak menyemprotkan pestisida pada sayuran maupun buah menjelang panen. Guna untuk mnecegah residu pestisida pada buah ataupun sayur yang di petik.

Selain petani, masyarakat sebagai daya konsumenpun tak alih dari perhatian Tim JKPT. Masyarakat di beri saran sebelum dimasak atau di makan harus mencuci sayuruan dan buah terlebih dahulu untuk mengurangi kadara pestisida dalam buah dan sayur