Pemukiman di Desa Mergasana Terancam Banjir Akibat Sungai Tambra -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

Pemukiman di Desa Mergasana Terancam Banjir Akibat Sungai Tambra

Senin, 16 November 2020




Pemukiman penduduk sebanyak 28 KK di sekitar wilayah sungai Tambra terancam banjir. dikhawatirkan banjir akan terjadi di Desa Mergasana RT. 01 RW. 02 Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalingga yang di akibatkan oleh sungai Tambra di Desa Mergasa Kecamatan Kertanegara meluap. Saat ini kondisi banjir sudah mencapai jalan desa di samping sungai Tambra. Disamping itu ada talud yang longsor terkikis banjir.


Menurut warga banjirnya sungai Tambra terjadi pada hari rabu, 11 November 2020 dan di perkirakan bisa meluap naik hingga ke pemukiman warga pada hari senin, 16 November 2020. Usulan penanganan darurat dengan menambahkan satu titik kirb bronjong lagi. Sehingga menjadi dua titik krib bronjong setinggi 1,5 meter dan panjang 20 meter untuk pengarahkan arus dan agar dapat mengurangi resiko air meluap dan membanjiri pemukiman setempat. Dengan total yang dibutuhkan sebanyak 30 lembar bronjong. 


BPBD Purbalingga menghimbau kepada pemerintah desa Mergasana untuk menyampaikan kepada seluruh warga sekitar yang ada di sepanjang bantaran sungai Tambra agar lebih waspada jika debit air meninggi.