Pembangunan Bandara Jendral Besar Soedirman Purbalingga sudah Hampir Selesai -->

Menu Atas

Advertisement

Link Banner

Peta Covid

Pembangunan Bandara Jendral Besar Soedirman Purbalingga sudah Hampir Selesai

Jumat, 13 November 2020


Pembangunan Bandara Jendral Besar Soedirman (JBS) di Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga sudah mencapai 70,70%. diantaranya runaway sudah selesai 99,74%, apron dan taxiway 73,35%, jalan akses PKP-PK 41,46% ungkap PJS Bupati Purbalingga Sarwa pramana di Gedung DPRD Kabupaten Purbalingga.


Yang sebelumnya pada bulan Juli 2020 Yani Sutrisno selaku Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Purbalingga memperkirakan selesai pada akhir tahun ini dan akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo. dan rencana membuka bandara untuk penerbangan komersial pertama kali akan dilaksanakan pada libur lebaran tahun ini. meskipun fasilitas masih belum lengkap. Namun sayang akibat pandemi Covid-19 terpaksa diundur. Sebelumnyapun pemerintah Provinsi Jawa Tengah mentargetkan akan selesai pada akhir tahun 2020.


Pada tahun 2019 fasilitas pendukung yaitu jalan masuk kekawasan Bandara JB Soedirman ini sudah terselesaikan. yang dialokasikan pada tahun 2020 dana sebesar Rp.1 milyar untuk pembangunan gerbang masuk bandara, penyediaan air bersih serta penguatan struktur jalan menuju bandara JB Soedirman.


Bandara yang sebelumnya dikenal dengan nama lapangan udara atau Lanud Wirasaba ini nantinya akan dibangun landmark Patung Jendral Soedirman. Untuk melengkapi fasilitas serta menaikkan jumlah wisatawan menuju Purbalingga sangat dibutuhkan dukungan dari Pemprov Jateng.